Temukan ikigai-mu sekarang!


 

   Buku ini buku ke 7 dari target 20 buku di tahun ini. mengenal kata ikigai pertama dari webinar rumah inspirasi. Dalam pemahaman saya ikigai itu artinya menemukan bakat atau mungkin passion lebih tepatnya. Ternyata lebih dari sekedar itu. Jauh lebih luas dan lebih bermakna bahkan yg paling bermakna bisa menenangkan hati dan menyehatkan badan. Loh kok bisa sedahsyat itu? 

 Dari judulnya sebenarnya ikigai ini bertujuan menemukan kebahagiaan hidup dan menjaga kesehatan agar panjang umur. lalu kenapa bisa berefek menemukan bakat?
Harus dibeberkan satu per satu nih biar kalian tahu alur ceritanya. lebih gampangnya sudah dirangkumkan oleh sang penulis si Hector Gracia dan Francesc Mieralles yg baik hati ini berupa 10 aturan ikigai.

1. Terus aktif, jangan pensiun

Hidup akan terasa hampa saat kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan. Lakukan apa yang membuat kita merasa bahagia. Ini berbeda loh ya dg kerja harian yang bertujuan utk mendapat gaji kecuali kamu kerja sesuai dg passionmu. Beruntunglah kalian yg sudah menemukan ikigai diri sendiri karena kalian akan terus aktif tanpa kenal bosan dan selalu produkti. Bukankah saat kalian produktif jiwa muda kalian akan terus terjaga karena semangat muda selalu bilang "apalagi setelah ini?apalagi?apalagi?"

2. Perlahan saja

Jangan terlalu buru-buru karena butuh ke-istiqomah-an saat melakukan hal-hal baik serta membangun kebiasaan baik. Lakukan perlahan tapi pasti. Percuma dong menggebu diawal, mlempem berikutnya.

3. Jangan penuhi perutmu
Ingat adab makan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW agar makan saat lapar dan berhenti makan sebelum kenyang? Begitulah Islam selalu punya ilmu yang luar biasa yang baru bisa kita ketahui manfaatnya setelah ribuan tahun karena keterbatasan manusia tentunya. 

4. Kelilingi dirimu dg teman yg baik
Selektiflah dlm berteman. Saya tidak menyarankan kalian utk pilih-pilih saat berteman dalam artian negatif. Hanya saja maksudnya adalah bertemanlah dg semua orang yng mengajak kita selalu berbuat baik. ketika kita dikelilingi oleh mereka yg beraura aktif produktif, yakinlah kita akan tertular semangat mereka dg suka rela. apa jadinya kalau lingkungan kita lingkungan penuh dg gosip dan berita tak penting. Bisa jadi kita jadi ratu gosipnya

5. Bugar untuk ulang tahun yang akan datang
Dalam bahasa saya ini artinya kita dianjurkan terus aktif berolahrag utk mempersiapkan ulangtahun berikutnya. Memang dalam Islam tidak ada istilah ulangtahun tapi kebiasan olahraga ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari demi menjaga agar tubuh selalu fit saat ibadah.

6. Senyum
Sesederhana itu senyum. Tanpa modal. Tanpa tenaga. Berpahala pula. Masih ga mau senyum nih?

7. Berhubungan kembali dengan alam
Kurang-kurangi deh yang instan. dibalik kecanggihan yang instan ada begitu banyak lam yg disakiti. Misal makanan cepat saji. Mulai dr bahan yg dibuat,plastik kemasan,pengawat penambah rasa dll yg dimasukkan ke makanan terus kita makan. Nah,,apakabar tubuh kita kalau tiap hari diprnuhi sampah?

8. Bersyukurlah
Apa yang kita lakukan saat bangun tidur di pagi hari. Bersyukur. Tentu saja kita patut bersyukur atas nikmat yg diberikan Allah SWT, karena atas kuasa-Nya lah kita bisa meraskan kehidupan. Begitupun saat berdoa , harus kita awali dg bersyukur agar hati tetap tenang.

9. Hiduplah pada saat ini
Jangan terbebani dg masa lalu dan jangan khawatir dg masa depan. Lakukan hal yg terbaik saat ini. Bukankah hal baik yang kita lakukan saat ini berujung kebaikan juga di hari berikutnya. Itu pasti. 

10. Ikuti ikigai-mu
Selamat buat kalian yang sudah menemukan ikigai-mu. Teruslah ikuti dan lakukan dg senang hati.

Tentunya ini hanya berdasar pemahaman saya saja. Bahasa aslinya dibuku ini menceritakan berbagai pengalaman dan trik orang Jepang menjaga kesehatan agar panjang umur. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

yuk belajar..

Kelahiran Baru. Nama Baru. Syukuran Baru